Cari Blog Ini

Site Links

About

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts

Site Links

Senin, 20 Mei 2019

Filled Under:

Review Film Brightburn

Share

Brightburn, Superman dengan Rasa Horor

Bagaimana jadinya jika penggambaran tokoh superhero Superman muda, Clark Kent, yang diidentikkan dengan kekuatan super yang digunakannya untuk kebaikan dan menolong umat manusia diubah menjadi tokoh antihero/supervillain yang membawa kerusakan dan malapetaka di muka bumi? Jawabannya ada di film Brightburn. Film ini sudah mulai ditayangkan di Indonesia tanggal 12 Mei 2019 kemarin dan akan menyusul ditayangkan di Amerika Serikat pada Hari Pahlawan (Memorial Day) tanggal 24 Mei 2019 mendatang. Film ini diproduksi oleh The H Collective dan diedarkan oleh Sony Pictures Entertainment. Sutradara yang membesut film ini adalah David Yarovesky yang sebelumnya juga menyutradarai film The Hive.

Related image

Dikisahkan pasangan Brewer, yaitu Tori dan Kyle. belum memiliki anak karena mereka mengalami masalah reproduksi. Tori diperankan oleh aktris Elizabeth Banks, yang juga tampil dalam film The Hunger Games dan Power Rangers dan suaminya, Kyle, diperankan oleh aktor David Denman, yang juga muncul dalam film After Earth dan 13 Hours. Mereka tinggal di sebuah rumah di daerah pertanian di kota kecil Brightburn di negara bagian Kansas, Amerika Serikat. Pada suatu malam jatuhlah sebuah benda dari angkasa di dekat rumah mereka dan terdapat seorang bayi di dalamnya. Mereka memutuskan untuk mengasuh bayi tersebut dan memberinya nama Brandon. Dua belas tahun kemudian Brandon sudah menjadi anak yang mulai beranjak remaja. Brandon diperankan oleh aktor muda berbakat Jackson A. Dunn, yang sebelumnya juga tampil dalam film Gone Are the Days dan Avengers: Endgame. Brandon adalah seorang anak yang rajin membantu orangtuanya dan cerdas di sekolahnya. Akan tetapi dia kerap dirundung (dibully) karena kecerdasannya tersebut. Pada suatu hari Brandon mendengar suara-suara aneh yang masuk ke dalam pikirannya. Ternyata suara tersebut berasal dari benda tempat Brandon berada ketika dulu dia jatuh ke bumi yang sekarang berada di lumbung di dekat rumahnya. Setelah kejadian tersebut Brandon sadar bahwa dia memiliki kekuatan super. Tubuhnya tidak dapat terluka, dapat bergerak sangat cepat dan bahkan dapat terbang layaknya tokoh Superman.

Pada ulang tahunnya yang ke 12 Brandon mendapat hadiah senapan dari bibinya, Merilee, dan pamannya, Noah. Merile diperankan oleh aktris Meredith Hagner dan Noah diperankan oleh aktor Matt Jones. Merilee juga merupakan guru konseling Brandon di sekolahnya. Brandon menyukai teman sekelasnya yang bernama Caitlyn, yang diperankan oleh aktris muda Emmie Hunter, tetapi Caitlyn tidak menyukainya dan menganggap Brandon orang yang ‘aneh’ karena sebelumnya Brandon telah menyelinap masuk ke kamarnya dan hal tersebut membuat Caitlyn ketakutan. Karena tidak direrima telah ditolak dan dipermalukan oleh Caitlyn, Brandon melukai Caitlyn sehingga tangan Caitlyn remuk. Ibu Caitlyn, Erica, yang diperankan oleh aktris Becky Wahlstorm, ingin agar Brandon ditangkap tetapi Brandon hanya diskors dari sekolahnya. Tori memergoki Brandon beberapa kali tidur sambil berjalan dari kamarnya ke lumbung yang berada tidak jauh dari rumah mereka di malam hari. Suatu saat Tori melihat hal yang di luar akal sehatnya, Brandon melayang di atas benda yang membawanya ke Bumi di dalam lumbung dengan mengucapkan bahasa aneh yang tidak dimengertinya. Karena hal inilah Tori menceritakan yang sebenarnya kepada Brandon bahwa dia dulu bukan diadopsi oleh pasangan Brewer melainkan ditemukan pada saat benda yang saat ini disimpan di lumbung jatuh di dekat rumah mereka dan ada seorang bayi di dalamnya. Brandon marah dan kecewa dengan Tori dan Kyle karena mereka selama ini telah berbohong kepadanya.

Image result for brightburn movie 2019

Brandon seketika berubah menjadi sosok yang jahat dan ingin membalaskan dendam kepada orang-orang yang menurutnya pernah menyakiti dan menghalanginya. Dia membunuh orang-orang tersebut dan meninggalkan simbol berinisial namanya di tempat kejadian. Dalam melancarkan aksinya Brandon mengenakan topeng dan sayap dari kain yang berwarna merah. Kyle curiga bahwa Brandon berada dibalik semua ini tetapi Tori bersikeras bahwa Brandon tidak bersalah dan tetap mencintainya sebagai anaknya. Kecurigaan Kyle semakin kuat setelah menemukan baju Brandon yang terdapat noda darah disembunyikan Brandon di kamarnya. Tori kaget dan terkejut saat menemukan gambar-gambar simbol di balik kasur di kamar Brandon sama dengan simbol yang ditanyakan oleh wakil kepala polisi kepadanya sebelumnya. Terdapat juga gambar-gambar aksi keji yang telah dilakukan Brandon dan gambar-gambar rencana yang akan dilakukan Brandon selanjutnya. Rencana apakah itu? Apakah kasih sayang seorang ibu dari Tori dapat menyadarkan Brandon dari semua ‘kegilaan’ ini dan mengubahnya kembali menjadi seperti semula? Bagaimanakah kisah selanjutnya? Silakan menonton filmnya sampai selesai dan kamu pasti akan terkejut.

Sinematografi di film ini bisa dibilang sudah lumayan. Penggambaran pertanian yang berada di kota kecil dan desa di Amerika Serikat dapat dibilang sama dengan yang ada di film Superman Man of SteelPerpaduan antara terang dan gelap dipadukan dengan apik oleh sang sutradara, baik itu terangnya seting di siang hari dan gelapnya seting di malam hari, maupun dengan bantuan penerangan lampu. Ini bisa kita lihat pada saat adegan Brandon membunuh korbannya di restoran dan pada saat adegan Brandon datang ke rumah bibi dan pamannya, Noah dan Merilee. Terangnya lampu di adegan tersebut berubah manjadi gelap dan remang-remang. Kemudian penggambaran dan desain topeng yang dikenakan Brandon juga cukup membuat ngeri dan takut. Apalagi ketika dia muncul di kegelapan menggunakan topeng tersebut dengan mata yang berwarna merah menyala. Suara, musik, dan soundtrack di film ini juga bisa dibilang oke. Suara dan musik yang ada di film ini bisa membangkitkan suasana horor dan digunakan untuk membangun emosi penontonnya dengan membangkitkan kengerian di awal setiap adegan yang menegangkan. Soundtrack untuk film ini bisa dibilang sebagai penyegar bagi kita para penontonnya setelah menyaksikan adegan-adegan brutal dan sadis. Ya, lagu Bad Guy yang dibawakan oleh Billie Eilish sangat cocok sekali sebagai lagu penutup untuk film ini karena sesuai dengan karakter tokoh utamanya yang adalah seorang bad guy. Lagu yang terdengar ceria dan lucu ini bisa menjadi penawar rasa takut dan tegang setelah menonton film ini.

Image result for brightburn movie 2019 noah

Menonton film Brightburn seperti menonton film horor masa kini pada umumnya. Bagi yang menyukai adegan-adegan mangagetkan atau jump scare pasti menyukai film ini karena adegan-adegan tersebut kerap muncul di film ini. Adegan tersebut dipadukan dengan nuansa gelap yang ada di film ini. Adegan-adegan horor di film ini sebagian besar berlangsung pada waktu malam hari sehingga menambah kengerian dan ini sudah menjadi tipikal film-film horor. Penggambaran adegan kekerasan di film ini divisualisasikan secara brutal dan sadis dan dijamin akan membuat setiap penontonnya merasa ngilu, merinding, dan lemas! Bagi yang tidak tahan melihat adegan kekerasan silakan menutup mata atau memalingkan muka pada adegan-adegan ini. Contohnya pada saat adegan Brandon membunuh salah satu korbannya di restoran. Kita bisa dengan jelas melihat ketika adegan pecahnya lampu neon di atas sang korban kemudian pecahan kaca tersebut menancap di bola mata sang korban dan kemudian sang korban menarik pecahan kaca secara perlahan dari bola matanya dan darah segar keluar dari matanya! Saya memberikan detil adegan ini bukan sebagai spoiler melainkan karena cuplikan adegan tersebut sudah dirilis ke publik oleh Sony Pictures Entertainment sebelum penayangan filmnya. Tapi tenang, masih ada lagi adegan kekerasan lain di film ini yang divisualisasikan secara gamblang.

Karakter, penokohan, serta akting para pemain di film ini bisa dibilang cukup baik. Ada dua karakter yang menonjol menurut saya. Karakter tokoh Brandon digambarkan sebagai anak yang kurang memiliki emosi dan bahkan terkesan berdarah dingin. Dia melakukan semua hal-hal jahat yang di luar batas-batas kemanusiaan tanpa rasa penyesalan dengan wajah yang datar dan tanpa ekspresi. Salut untuk aktor muda Jackson A. Dunn yang sukses memerankan tokoh Brandon yang berkarakter antagonis di film ini. Kemudian karakter tokoh Tori Brewer, sang ibu, juga berkesan untuk saya. Tori digambarkan sebagai seorang ibu yang menyayangi dan mencintai anak asuhnya dengan tanpa syarat dan selalu mendukung Brandon walaupun Brandon telah membuat kekacauan dan ketika orang-orang di sekitarnya menentang Brandon termasuk suaminya sendiri, Kyle. Tokoh Tori percaya bahwa Brandon bisa berubah. Saya jadi teringat dengan pepatah ‘kasih ibu sepanjang masa’. Empat jempol patut diberikan untuk aktris Elizabeth Banks karena mampu membawakan peran tersebut dengan sempurna!

Image result for brightburn movie

Sutradara, penulis cerita, dan produser mampu membawakan cerita yang sudah tidak asing lagi bagi kita ke layar lebar dengan mengubah karakter tokohnya ke arah yang berbeda serta memadukannya dengan unsur horor. Film ini mirip sekali dengan cerita tokoh superhero Superman dalam film Man of Steel tetapi dengan menukar karakter sang tokoh utamanya dari tokoh protagonis menjadi tokoh antagonis. Akhir film yang tidak dapat diduga alias twist ending juga membuat film ini semakin menarik untuk ditonton dan juga membuka adanya kemungkinan untuk dibuatkan sekuelnya. Saya rasa film ini layak untuk ditonton guna menambah referensi film horor kamu.

Trailer:





Oleh Riko Wahyudi, 19 Mei 2019

0 komentar:

Posting Komentar

2014 © Movieism
Designed By Templateism | Templatelib